Rabu, 28 Oktober 2015

Cara membuat gado-gado

Cara Mudah Membuat Resep Gado Gado Spesial http://cemilan-rakyat.blogspot.com/2014/10/resep-membuat-gado-gado.html. Pasti sering mendengar kalimat atau kata gado gado. Ya, kata kata ini memang lazim dan sering kita dengar. Dari yang makanan yang mengandung banyak sayuran dan saus kacang sampai kiasan yang menggambarkan keaneka ragaman atau macam macam jenis. Ya, kalau melihat dari arti kata aslinya, makanan asli Indonesia ini memang mengandung banyak ragam sayuran, mulai dari kol, kentang, kacang pancang, tauge dan yang lainnya. Ada beberapa macam resep bumbu gado gado yang ada di negara kita, seperti gado gado Betawi, gado gado Bali, gado gado siram, gado gado Jakarta atau mungkin yang sekarang paling terkenal adalah Gado gado Boplo http://cemilan-rakyat.blogspot.com.

Sebenarnya makanan yang mengandung banyak sayuran ini hampir mirip dengan resep pecel atau resep ketoprak. Tetapi sebenarnya sih beda. Kesamaannya mungkin terletak pada penggunaan saus kacangnya. Walaupun begitu, cara membuat gado gado ternyata beda lho dengan resep resep tadi. Bahkan cara membuat Resep Gado gado Betawi, Resep Gado gado Bali dan Gado gado Jakarta pun memiliki sedikit perbedaan yang menjadi ciri khas dari masing masing resep tersebut. Untuk kali ini, kita tidak akan membahas masing masing jenis gado gado, tetapi resep spesial yang kami berikan tidak kalah enak dan lezat lho dibandingkan resep resep di atas http://cemilan-rakyat.blogspot.com/2014/10/resep-cemilan-goreng.html.

Mirip dengan Karedok, resep Gado gado spesial ini juga menggunakan berbagai macam sayuran, seperti buah ketimun, kangkung, kecambah atau tauge, kacang panjang dan yang lainnya. Ada juga tempe dan tahu goreng yang dipotong kecil kecil yang memang merupakan salah satu ciri gado gado. Perbedaan utama dari kedua macam resep tersebut adalah proses pemasakan sayurannya. Untuk resep gado, semua sayuran di atas dimasak terlebih dahulu sedangkan karedok semua sayurannya segar. Keduanya juga memakai sau kacang dan biasanya krupuk sebagai pelengkap. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat gado gado spesial dan bumbu nya di bawah. http://cemilan-rakyat.blogspot.com/2014/10/cemilan-untuk-diet.html

Bahan-Bahan Untuk Membuat Resep Gado Gado :

    Bahan utama :

    Tahu sebanyak 150 gram, goreng matang
    Tempe sebanyak 150 gram, goreng matang
    Telur ayam rebus sebanyak 2 butir, bagi menjadi 8 bagian sama
    Tauge sebanyak 160 gram, bersihkan lalu rebus hingga matang
    Kacang panjang sebanyak 150 gram, potong sekitar 5 cm, cuci lalu rebus hingga matang
    Selada sebanyak 150 gram potong sekitar 3 cm
    Ketimun sebanyak satu buah
    Pare sebanyak ½ buah, rebus dan potong dadu
    Kubis sebanyak 100 gram, potong kotak

Resep Gado Gado Jawa Spesial Nikmat Enak

    Bahan saus yang dihaluskan:

    Bawang putih sebanyak 7 siung
    Kacang tanah sebanyak 250 gram, dimasak dan dihaluskan
    Cabai rawit sebanyak 100 gram atau sesuai selera
    Santan kelapa sebanyak 500 ml
    Air asam Jawa sebanyak 3 sdm
    Daun jeruk perut sebanyak 4 lembar
    Gula merah sebanyak 50 gram
    Garam secukupnya
    Ketumbar sebanyak 3 sdt
    Air mineral secukupnya
    Minyak secukupnya
    Bawang merah, emping, serta kerupung udang untuk pelengkap

Cara Memasak Gado Gado Di Rumah :

    Pertama dalam membuat resep gado gado adalah membaut saus untuk gado-gado http://cemilan-rakyat.blogspot.com/2014/10/resep-cemilan-sederhana.html. Pertama, panaskan minyak goreng secukupnya, lalu masukkan bawang putih, cabe rawit, dan daun jeruk purut dan aduk hingga bumbu berbau harum.
    Setelah berbau harum, tambahkan santan kelapa dalam tumisan dan aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
    Setelah santan mulai berkurang, tambahkan air asam Jawa beserta gula merah yang telah disisir halus. Tambahkan pula garam secukupnya dalam saus. Aduk semua bahan hingga tercampur rata sempurna. Kemudian angkat jika rasa dirasa sudah pas dan semua bumbu tercampur sempurna.
    Untuk penyajiannya, letakkan semua bahan utama di atas piring sesuai selera anda, kemudian siramkan saus yang telah anda buat sebelumnya. Sebagai pelengkap masakan anda, tambahkan bawang goreng, emping dan keripik udang untuk pendamping gado-gado anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar